Ulasan Modem Huawei E3372 4G LTE 150Mbps All GSM Indonesia

Modem Huawei ini merupakan salah satu modem yang penjualannya sangat laris, tidak hanya di Indonesia saja tapi diluar juga, menawarkan kecepatan 4G dengan dukungan download hingga 150 mbps dan upload hingga 50 mbps cat 4 merupakan nilai jual yang ditawarkan olehnya. Selain itu semua dukungan SIM GSM juga disupport (Telkomsel, Indosat, XL) menjadikannya sangat bersahabat untuk digunakan para pelanggan masing-masing operator yang menyediakan layanan 4G.

Nah mari kita ulas sedikit tentang modem ini karena memang sangat menarik mengulasnya sebab di Indonesia sendiri 4G sedang gencar-gencarnya dipromosikan oleh operator-operator besar diatas yang mana masing-masing menawarkan kelebihan tersendiri yang bisa dinikmati oleh pelanggan mereka dan juga menarik pelanggan baru dan pelanggan dari operator lainnya agar turut menggunakan layanannya.

Harga

Modem 4G ini memang terbilang cukup mahal jika dibandingkan modem 3G, tentu wajar karena memang keunggulan yang ditawarkan juga berbeda, jika anda sebelumnya bisa mendapatkan modem 3G dengan harga di kisaran 100-200 ribuan saja, maka modem ini dijual di range harga 300-400 ribuan rupiah. Bagi anak kost yang masih kuliah tentu akan terasa sedikit lebih mahal (pengalaman sendiri) hehe.. Untuk garansinya adalah Garansi Resmi 1 tahun.

Tersedia 2 Jenis Software Dukungan

Ya, modem 4G Huawei ini datang dengan 2 jenis software, yaitu mobile partner (yang sudah umum hadir di modem kebanyakan), dan satunya adalah Hilink. Keduanya menawarkan fitur yang sama sebenarnya, hanya saja yang satunya bisa diinstall di komputer untuk versi mobile partner (dalam bentuk aplikasi) sedangkan yang Hilink adalah dalam bentuk alamat IP yang bisa diakses melalui browser disini http://192.168.8.1/html/home.html sambil menancapkan modem tersebut. Seperti terlampir dibawah ini:

hilink huawei modem 4g

Menggunakan modem di Router yang support koneksi 4g? Gunakan HILINK

Salah satu yang menjadikan software Hilink menarik untuk anda yang ingin menancapkannya di modem untuk digunakan secara WIFI (tanpa mencolokkan ke laptop) seperti saya contohnya, karena saya ingin yang praktis dan tidak ribet, maka saya menggunakan Hilink karena arahan dari penjual yang waktu saya mau beli memberikan saran tersebut.

Anda cukup menancapkan modem tersebut ke router TP LINK kemudian anda sudah bisa langsung menggunakan koneksi WIFI 4G tersebut, jangan lupa dipaketin dulu ya kartu SIM nya supaya tidak termakan pulsa reguler, atau mungkin anda yang doyan membeli kartu sekali pakai juga bisa langsung memasangnya karena sudah otomatis dipaketkan datanya ya hehe.. router yang disupport antara lain TP-LINK MR3420/3220/3020.

Nah kadang bagi anda yang sudah memiliki modem TP LINK yang cukup lama, dan anda mencoba menancapkan modem ini namun tidak berfungsi dan tidak mendapatkan koneksi data, jangan cemas dan takut apalagi marah-marah, hal tersebut mungkin disebabkan karena anda belum meng-upgrade firmware pada router anda, anda bisa langsung mengunduh firmware minimal 2.0 untuk men-support 4G.

Download Firmwarenya dimana?

cek disini ya: http://www.tp-link.com/en/download-center.html

silahkan dipilih-pilih sendiri sesuai tipe router yang dimiliki.

Nah sekarang anda bisa menggunakan koneksi 4G yang lebih cepat dan memadai untuk koneksi internet anda, menonton Youtube, streaming Spotify, radio online, dan berbagai kebutuhan lainnya semakin cepat dan hemat waktu (karena koneksi cepat membuat loading speed jadi cepat juga, hehe..) selamat menikmati koneksi yang cepat.

Pastikan Daerah Anda Sudah Tercover Cakupan 4G Operator Selular

Oh ya bagi yang ingin menggunakan kartu SIM 4G, atau membeli modem 4G ini, ada baiknya jika anda mengecek dulu ya apakah di daerah anda sudah didukung / dalam cakupan area 4G, sebab belum merata sehingga akan sia-sia jika anda memaksakan beli namun daerah anda belum tercover, alhasil nanti modemnya tidak terpakai dan dijual lagi deh. Untuk anda yang berada di daerah seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota-kota besar di kota Jawa rerata sudah didukung koneksi 4G ini jadi aman-aman saja untuk membelinya dan semoga anda bisa berselancar lebih cepat dan praktis untuk kebutuhan bekerja dan aktivitas lainnya ya. 🙂

WhatsApp Chat