Tips Mengerjakan Skripsi

Tips Mengerjakan Penelitian

Tips Mengerjakan Skripsi Untuk Calon Sarjana

Bagi kaum mahasiswa, skripsi tentu adalah hal yang paling menyenangkan dan bisa jadi hal paling menakutkan, mereka yang merasa senang tentu berpikiran bahwa mereka sebentar lagi akan mendapatkan gelar sarjana, dan bagi mereka yang takut mereka merasa cemas dan gelisah karena belum menemukan topik penelitian, belum mendapatkan judul untuk dikerjakan, dan masih banyak hal-hal lainnya.

 

Tips Mengerjakan Skripsi Untuk Calon Sarjana

 

Bagi mereka yang sudah siap dan matang untuk mengerjakan skripsi, ada baiknya untuk mempersiapkan diri sebelum memulainya, beberapa tips ini semoga bisa memberikan manfaat dan sebagai bahan pertimbangan untuk dapat lulus mengerjakan penelitian dengan hasil dan nilai yang memuaskan. Berikut adalah tipsnya:

1. Temukan dosen pembimbing yang tepat

Dosen pembimbing adalah kunci utama dalam penelitian anda, sebab merekalah yang nantinya akan membantu anda mendapatkan pelajaran dan pengalaman dalam mengerjakan proyek dan penulisan naskah anda. Tanpa pembimbing yang tepat, maka bisa jadi naskah skripsi anda tidak dibaca dan direvisi saat anda membutuhkannya, bisa jadi anda dipersulit saat melakukan penelitian, atau yang lebih parah lagi mereka tidak memiliki solusi dari permasalahan yang anda hadapi saat melakukan penelitian. Maka, kenalilah dosen-dosen di kampus anda, lihat dan perhatikan mana saja dosen-dosen yang baik dan perhatian, serta tanyakan kepada senior-senior anda yang sudah lulus terlebih dahulu, mungkin mereka memiliki rekomendasi dosen yang tepat untuk anda.

2. Cari penelitian yang tidak terlalu sulit

Penelitian memang sulit, namun jika anda jeli dan bisa menemukan celah yang tepat, maka penelitian yang anda dapatkan bisa jadi mudah, penelitian yang tidak telalu sulit tentu akan lebih menguntungkan daripada penelitian yang sulit, karena saat melakukan penelitian nanti ketika anda menemukan masalah maka anda bisa mencari solusinya dengan lebih cepat, serta waspadalah dengan judul penelitian anda, karena ketika judul penelitian anda sudah di acc oleh dosen penguji anda saat sidang proposal (bagi beberapa jurusan tertentu ada mata kuliah proposal sebelum bisa melanjutkan ke skripsi) maka judul yang sudah anda pilih tidak bisa berubah lagi, jadi buatlah judul yang tidak terlalu spesifik (contohnya menggunakan nama produk tertentu / alat tertentu / hal-hal tertentu / metode tertentu) jika anda masih belum yakin sepenuhnya penelitian nanti anda tidak ada kendala pada hal-hal tersebut.

3. Jangan menunda-nunda

Menunda-nunda adalah penyakit yang sering menghinggap di sarang pikiran para calon sarjana saat melakukan penelitian, dengan beranggapan masa penelitian yang berbulan-bulan maka anda masih punya banyak waktu, karena dalam penelitian pasti anda akan menemukan masalah-masalah, baik itu kecil maupun besar, terlebih untuk lebih memilih bekerja dan mengesampingkan skripsi, maka anda akan perlu banyak waktu ekstra begadang untuk mengerjakan penelitian anda di malam hari, namun ini akan menjadi sangat berat bagi mereka yang tidak terbiasa bekerja di bawah tekanan. Segerakan untuk menyelesaikan penelitian anda dan lanjutkan dengan penulisan naskah, karena saat penulisan biasanya terasa lebih berat daripada melakukan penelitian itu sendiri (namun bagi mereka yang suka menulis, sepertinya bukanlah masalah besar).

4. Menentukan waktu ideal untuk penulisan naskah skripsi

Menulis naskah skripsi untuk diajukan sebagai syarat melakukan sidang memang berat, tentu penulisan akan membutuhkan perhatian ekstra saat dikerjakan, selain anda harus teliti dan sabar, anda juga harus meluangkan banyak waktu untuk berlama-lama mengerjakan penulisan. Waktu ideal untuk menulis naskah iini sebaiknya tidak terlalu dekat dengan deadline (bila ada) atau masa-masa sidang, karena dosen pembimbing anda akan menagih hasil penelitian anda dan penulisan anda, dan tidak semua dosen pembimbing bisa membaca tulisan naskah anda dengan cepat, belum lagi jika dosen pembimbing anda adalah kategori dosen yang sibuk dan memiliki banyak bimbingan yang bisa membuat anda menunggu hasil revisi dari penulisan. Setidaknya luangkan waktu 2 bulan / 1 bulan untuk menulis dari deadline atau masa-masa sidang, jika anda mengerjakan penulisan ini dengan buru-buru tentu hasilnya tidak akan maksimal atau bahkan kacau dan pada saat maju sidang nanti anda akan kewalahan menjawab pertanyaan dan tekanan yang diberikan dari dosen penguji.

5. Jangan sampai molor

Penelitian idealnya dikerjakan dalam 1 semester setelah melakukan sidang proposal / pengajuan judul, namun ada beberapa yang sampai molor saat mengerjakannya, karena berbagai kendala yang belum terselesaikan, hal ini wajar namun jika anda bisa mengejar waktu, anda bisa selesai tepat waktu, karena penelitian yang dikerjakan terlalu lama dapat berdampak pada hal-hal lain, seperti anda harus membayar biaya semester lagi, menambah masa studi anda, membuang umur anda, menjadikan dosen pembimbing dan penguji lupa pada judul dan penelitian anda, menjadi mahasiswa tua di kampus, dan banyak lainnya. Hehehe…

Nah itu tadi adalah beberapa tips yang diharapkan bermanfaat bagi anda dan semoga bisa menambah wawasan anda, semoga anda semua dimudahkan dalam mengerjakan penelitian ini dan menjadi para sarjana yang berpendidikan tinggi serta bertanggung jawab dalam mewarisi Indonesia ini. Semoga ilmu yang sudah anda miliki bisa berguna bagi memajukan kesejahteraan dan kemakmuran negeri ini. Aaamiiin..

WhatsApp Chat