kelemahan smartphone terbesar

masalah smartphone terbesar

Kelemahan Dan Masalah Terbesar Smartphone Modern

Hari ini smartphone sudah menjadi hal paling signifikan bagi hampir semua orang yang melek dengan teknologi, bagi mereka yang sudah tidak bisa melepaskan kehidupan mereka dari gadget genggam ini akan mengalami ketagihan yang cukup besar, sebab segala aktivitas manusia modern hari ini hampir dapat dilakukan semuanya dengan smartphone yang dikuasai oleh OS Android dan iOS.

Namun masalah terbesar smartphone yang kita miliki hari ini sangat kompleks, beberapa diantaranya menjadikan kita harus mengganti smartphone. Sebab jika digunakan dan dipaksakan kita tidak akan menikmati dalam menggunakannya.

Kelemahan Dan Masalah Terbesar Smartphone Modern

Nah kini mari kita simak bersama kelemahan dan masalah yang sering terjadi pada smartphone modern hari ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Daya Tahan Fisik Rendah

Sudah tidak asing lagi, smartphone adalah barang elektronik dan alat komunikasi yang rawan jatuh, sebab telepon genggam ini selalu digunakan setiap hari, dan ada peluang secara tidak sengaja kita akan terpeleset, tidak sengaja terlepas, dan sebagainya sehingga smatphone kita terjatuh dan seperti bisa ditebak, akan ada kerusakan fisik yang mungkin menjadikan smartphone kita tidak mulus lagi seperti lecet di bagian samping dan bagian belakang, tergores dan ada bekas luka, terlebih jika jatuh di tempat yang kasar seperti paving dan aspal, terkadang ketika jatuh smartphone kita sudah terbuka berkeping-keping dan baterai lepas dari tempatnya.

Kelemahan Dan Masalah Terbesar Smartphone Modern

Kelemahan Dan Masalah Terbesar Smartphone Modern

(Salah satu contoh smartphone yang diberi case pelindung berbahan karet)

Hal ini wajar terjadi, sebab smartphone hari ini masih banyak yang menggunakan bahan plastik di bagian sisi-sisi body dan cashingnya, sehingga ketika kita tidak aware akan menjadikan kita lalai dan jatuh secara tidak sengaja. Namun perbaikan sudah mulai dilakukan oleh pabrikan dan vendor yang kini menggunakan material campuran yang diklaim bisa lebih baik dan tahan terhadap benturan dan hal-hal serupa lainnya. Selain itu pihak ketiga juga banyak menjual cashing pelindung dan sejenisnya untuk mengurangi resiko kerusakan jika terjatuh dan hal serupa lainnya.

Layar Rentah Pecah

Untuk ketahanan layar, smartphone juga masih rentan mengalami keretakan ketika terjatuh, kemudian dari layar yang retak ini otomatis menimbulkan berbagai kerusakan seperti malfungsi, tidak bisa digunakan, error, serta mengganggu tampilan kita dalam melihatnya. Lebih-lebih smartphone sekarang layarnya semakin besar yang gunanya meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Kelemahan Dan Masalah Terbesar Smartphone Modern

Berbeda hal dengan hape jadul yang meskipun jatuh berkali-kali layar monokromnya atau layar standar yang berukuran wajarnya masih bisa berfungsi utuh tanpa harus merusak sistem kerja didalamnya. Namun smartphone hari ini mulai melakukan perbaikan dengan cara menghadirkan layar yang berkekuatan tinggi yang tahan banting, tahan gores, dan tahan lainnya. Seperti menggunakan bahan safir, Project Phire dari Corning yang diantaranya menjanjikan anti retak yang sering dialami oleh smartphone berlayar lebar.

Baterai Sangat Boros Dan Panas

Hal ini juga yang sekarang sering menjadi perhatian para pengguna smartphone modern, jika anda coba bandingkan smartphone dengan handphone basic, tentu sangat jauh sekali daya tahan baterainya, jika handphone basic bisa bertahan hingga seminggu tanpa diisi sekalipun, lain ceritanya dengan smartphone modern yang hanya bisa bertahan 2 hari hingga 3 hari jika tanpa digunakan. Memang konsumsi daya dari dapur pacunya serta display yang besar merupakan penyebabnya, berbeda dengan handphone basic yang hanya digunakan sederhana seperti mengirim pesan dan menelepon. Belum lagi ketika digunakan multitasking smartphone modern akan mengeluarkan panas yang berlebih yang efeknya bisa dirasakan oleh tangan kita ketika menggenggamnya.

Kelemahan Dan Masalah Terbesar Smartphone Modern

Namun sekarang pabrikan sudah melakukan perbaikan juga dari sektor ini dengan menanamkan kapasitas baterai yang lebih besar, prosesor yang lebih hemat daya, display yang bisa menyesuaikan kondisi ruangan (terang-gelap), ditambah lagi dengan baterai pihak ketiga seperti powerbank, baterai double power, dan sebagainya. Kemudian charger yang disediakan oleh vendor yang bisa mengisi lebih cepat dan sebagainya ini juga patut diperhitungkan.

Nah itulah tadi beberapa masalah yang sedang dihadapi oleh smartphone modern, tentu dengan berkembangnya teknologi kita bisa menggunakan smartphone dengan berbagai kelebihan yang kita harapkan seperti 3 poin utama diatas tadi. Namun tentu juga diseimbangi dengan banderol harganya, karena semakin baik dan kuat bahan yang digunakan, tentu akan ada harga yang meningkat juga di dalamnya. Terima kasih semoga bermanfaat 🙂

WhatsApp Chat