Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Rumah Kantor

Sekarang dengan berkembangnya teknologi WiFi kita hampir menggunakan semua perangkat kita terhadapnya, sudah menjadi hal yang umum WiFi sekarang menjadi perangkat utama di kantor-kantor, karena internet mulai ramai digunakan dan menjadikan internet sebagai tempat bisnis kedua atau tempat bisnis utama dari perusahaan tersebut, atau menggunakan WiFi untuk keperluan pekerjaan, tentu sebagai pengguna kita membutuhkan akses internet yang stabil dan nyaman digunakan.

Nah mari kita simak beberapa hal yang menyebabkan sinyal WiFi kita kurang sip dan tidak sehat.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Rumah Kantor

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Rumah Kantor

1. Mengecek Posisi Dari Router WiFi

Memposisikan router di pusat ruangan adalah salah satu cara terbaik anda mendapatkan kondisi sinyal yang kuat dan tersebar luas, mungkin ini terbilang sedikit sulit karena kita harus menyesuaikan kabel yang disediakan oleh provider dengan kondisi ruangan kita, namun sayang juga jika router ditempatkan misalnya di pinggiran jendela sehingga banyak sinyal yang dibuang keluar ruangan dimana anda jarang menggunakannya.

2. Letakkan Di Tempat Yang Lebih Tinggi

Memposisikan router di lokasi yang tinggi sangat penting, sehingga kita dapat menggunakan sinya yang lebih maksimal, dengan itu juga anda jika memiliki lantai diatasnya seperti kantor atau rumah anda, anda bisa menggunakannya juga di lantai atas. Jangan meletakkan router di lantai karena mengganggu sinyal yang diberikannya nanti tidak maksimal. Setidaknya letakkan di tempat yang cukup seperti diatas meja, diatas lemari, atau digantung dengan bracket di posisi atas kira-kira 2 meter.

3. Letakkan Router Di Tempat Anda Sering Bekerja

Router sebaiknya diletakkan di tempat anda sering online dengan internet, misalnya anda sering online di kamar, maka letakkan routernya di kamar, jika anda sering bekerja di ruangan kantor maka letakkan routernya juga di ruangan tersebut. Sehingga anda bisa lebih maksimal mendapatkan sinyal dan juga tidak akan mengalami kekurangan suplai sinyal. Terlebih jika ruangan anda memiliki tembok yang tebal sehingga akan mengurangi kekuatan sinyal dan kemampuan mengirim datanya.

4. Letakkan Di Posisi Yang Terbuka

Meletakkan router di tempat yang terbuka juga sangat penting di ruangan kerja anda, anda bisa kehilangan banyak data ketika router tertutup tembok berbahan tebal, padat, dan keras, sudah hal yang umum ditemukan bahwa kita akan kekurangan sinyal ketika di dalam gedung, underground, dan sejenisnya, ini adalah salah satu contohnya sama seperti halnya WiFi yang mengalami penurunan sinyal ketika banyak dinding-dinding yang menghalangi jalan lewatnya.

5. Menjauhkan Dari Perangkat Elektronik Lainnya

Menjauhkan router dari perangkat elektronik lain juga sangat penting, contohnya microwave, telepon nirkabel, TV. dan semua perangkat elektronik lain yang menghasilkan sinyal elektromagnetik karena hal tersebut bisa menyebabkan interferensi sinyal dan pada akhirnya akan mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi router anda.

6. Mengatur Posisi Antena Agar Berdiri

Mengatur posisi antena adalah hal penting, selalu pastikan antena diposisikan secara vertical, sehingga sinyal yang dikeluarkan secara horizontal bisa lebih luas dan lebih menyebar dengan merata di semua ruangan anda.

7. Memeriksa Kekuatan Sinyal WiFi

Beberapa aplikasi untuk mengecek kekuatan sinyal WiFi seperti Cloudcheck atau Amped bisa anda coba, sekaligus memetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah. Aplikasi ini cukup berguna dan bisa diandalkan.

8. Atur piranti lunak router

Anda harus masuk ke dalam sistem pengaturan yang bisa diakses melalui IP unik yang ada dibalik router, dalam menu pengaturan, ubah channel frekuensi dari router yang terdiri 14 channel, anda bisa memilih channel 1, 6, dan 11. Channel ini bisa dibilang lebih minim gangguan sebab jarang ada tabrakan dengan channel yang digunakan orang lain. Jangan lupa mengecek update firmware. Pabrikan router secara teratur biasanya mengeluarkan update firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya agar dapat bekerja lebih maksimal dan optimal bagi kebutuhan penggunanya.

9. Menguji Perbandingan Dengan Speed Test

Nah anda sudah tidak asing kan dengan situs Speed Test ini, situs ini bisa membantu anda menguji koneksi internet yang anda miliki saat ini, cobalah bandingkan ketika anda menggunakan sinyal WiFi apakah sinyalnya lebih lemah ketika anda menggunakan kabel LAN untuk mengakses internet, jika benar maka sinyal wifi anda yang lemah mungkin anda perlu mengulangi lagi beberapa poin diatas dan mengevaluasi mana yang belum pas, misal posisinya atau letaknya.

10. Waktunya Mengganti Router

Ketika semua cara sudah dilakukan namun anda tidak menemukan solusi dan sinyal WiFi anda masih lemah, mungkin ada baiknya jika anda mempertimbangkan untuk segera berganti router, tentu teknologi router sangat berkembang dari waktu ke waktu, anda akan mendapatkan router dengan teknologi yang lebih baik dan beberapa router sudah ada yang menyediakan jumlah antena yang mana biasanya memberikan sinyal jauh lebih kuat daripada sekedar menggunakan 1 antena standar. Ada juga yang menjual terpisah antena WiFi secara khusus yang menawarkan kemampuan transmisi data jauh lebih kuat dari antena standar router anda, antena tersebut banyak dijual dan bisa anda coba sebagai alternatif sebelum mengganti router karena harganya relatif lebih murah.

Demikian informasi yang dapat disampaikan disini, semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca. 🙂

WhatsApp Chat